Friday, April 19, 2024

Ditjen Sumber Daya Air Tinjau Lokasi Pembangunan Beronjong di Sungai Alas

Nukilan.id – Ditjen SDA melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I – Aceh akan membangunan beronjong dan normalisasi sejumlah aliran Sungai Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Pembangunan dilakukan untuk mencegah bencana banjir.

Tiga lokasi rencana proyek beronjong yang akan dilaksanakan BWS Sumatera I di Aceh Tenggara antara lain aliran sungai Alas di sepanjang Jembatan Pantai Dona, Sungai Alas di belakang Puskesmas Uning Sigur-gur Kecamatan Babul Rahmah. Dan Sungai Alas di sepanjang Desa Simpur, Kecamatan Ketambe.

Kasubdit Wilayah I Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Elroy Koyari ST, MT di dampingi Kepala Balai BWS Sumatera I, Heru Setiawan, S.T., M.Eng, kepada media, Rabu (24/5/2023), mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penghitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan volume pada tiga proyek pembangunan beronjong di aliran sungai Alas itu.

“Mudah-mudahan dapat dilaksanakan secepatnya, kami berharap dukungan dari para tokoh masyarakat di setiap masing-masing desa yang nantinya akan dilaksanakan pekerjaan proyek tersebut, sehingga nantinya dapat berjalan lancar sebagaimana diharapkan,” kata elroy

Sementara untuk kebutuhan anggaran, elroy menyebut pihaknya sedang menghitung besaran anggaran yang diperlukan.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara Drs. Syakir M,Si mengatakan, sejak kemarin pihak BWS bersama sejumlah pejabat Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PUPR telah meninjau lokasi rencana pembangunan beronjong untuk penanganan tanggap bencana. Sebelumnya, Selasa (23/5/2023) lalu, rombongan pejabat BWS dan pejabat Kementerian PUPR telah meninjau lokasi dampak banjir di Sungai Alas kawasan jembatan Pantai Dona dan di belakang puskesmas Uning Sigur-gur Kecamatan Babul Rahmah.

Dihubungi melalui seluler Anggota DPR-RI yang juga Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh, Irmawan, S. Sos yang mengusulkan proyek tersebut menyampaikan, rencana proyek tanggap bencana dilokasi sungai Alas dilaksanakan karena dorongan komunikasi yang dibangun Pemkab Aceh Tenggara dengan Komisi V DPR RI serta pihak kementerian PU

“Saya berkewajiban untuk memperjuangkankan pembangunan tersebut, dan pihak BWS Sumatera I dan pihak Dirjen SDA Kementerian PUPR langsung merespon hal itu,” kata Irmawan.

“Insya Allah nanti proyek tersebut akan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Aceh Tenggara terutama masyarakat sekitar lokasi pekerjaan pembangunan beronjong dan normalisasi,” tukasnya. []

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img