Wednesday, April 24, 2024

7 Cara Lindungi Diri dari COVID-19 dan Varian Barunya

Nukilan.id – Bahaya COVID-19 masih menetap, namun sudah muncul varian barunya. Para ahli dan tenaga medis menyarankan untuk tetap berhati-hati dan melakukan perawatan ekstra.

Mungkin kamu sudah hapal apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri dari COVID-19. Tapi, berikut adalah beberapa pengingat untuk melindungi diri dari COVID-19 dan varian barunya, dilansir Times of India, Sabtu, 6 Februari 2021.

Menjaga jarak

Salah satu cara termudah untuk tertular virus ini adalah melalui kontak fisik dan penularan aerosol. Berada bersama orang lain hanya akan meningkatkan peluang tertular virus dan menyebarkannya ke orang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari pertemuan publik dan menjaga jarak di tempat keramaian.

Memakai masker

Memakai masker yang baik dan benar dapat berfungsi sebagai pembatas antara kamu dengan orang yang terinfeksi COVID-19. Ini mencegah kamu menghirup tetesan pernapasan orang lain dan mencegah menularkan aerosol kamu ke orang lain.

Virus SARS-CoV-2 dapat menyebar melalui sentuhan. Saat kamu keluar rumah, virus yang tidak terlihat mungkin ada di mana-mana. Untuk itu, penting untuk mencuci tangan secara teratur dan membersihkannya setiap kali kamu berada di tempat terbuka.

Disinfeksi permukaan yang sering disentuh

Selain mencuci tangan, kamu juga harus menghindari permukaan yang sering disentuh. Selain itu, kamu juga harus mendisinfeksi dan membersihkan area yang umum digunakan atau setidaknya membersihkan area yang paling sering disentuh.

Ventilasi yang baik

Udara yang bersih sangat penting untuk melindungi diri dari COVID-19. Mengingat virus corona baru juga dapat menyebar melalui transmisi udara, kemungkinan partikel aerosol dapat bertahan di udara dalam jangka waktu yang lama, membuat orang cenderung tertular virus ini.

Dengan ventilasi yang baik, kamu tidak hanya mengamankan tempat tinggalmu tetapi juga mengurangi kemungkinan terjadinya penularan melalui tetesan dan udara.

Rasakan gejala segera tes

Seringkali kita menganggap remeh ketika merasakan gejala flu. Tetapi para ahli dan dokter menyarankan untuk melakukan tes jika merasakan gejala yang mirip dengan COVID-19. Dengan begitu, kita tidak hanya meningkatkan kesempatan untuk bertahan hidup, tetapi juga membatasi penyebaran virus.

Jangan takut divaksin

Mengingat vaksin adalah satu-satunya cara untuk memerangi virus corona, jangan takut untuk melakukan vaksin. Jika telah memenuhi kriteria untuk divaksin, jangan ragu untuk mengikutinya.

viva.co.id

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Must Read

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here